19 November 2009

Doa-Doa Sukses


Buku karya Civitas Jurusan BPI ini dipersembahkan untuk remaja, yaitu Kamu yang ingin sukses. Sebagaimana Kamu juga yakin tak ingin gagal. Biasanya, bentuk sukses dan gagal itu tergantung pada yang kamu mau. Kalo kamu mau ini dan itu, ternyata lancar dan tercapai, itu namanya sukses. Sebaliknya, kalo kemauan kamu gak tercapai, itu berarti gagal.

“Sukses” adalah impian yang paling diharap kedatangannya oleh setiap kamu. Sementara “gagal” ibarat monster menyeramkan, yang kedatangannya sangat tidak diharapkan.

Untuk itu, berbagai cara kamu lakukan untuk mengundang datangnya “sukses”. Begitu juga, berbagai cara kamu lakukan untuk mencegah datangnya “gagal”.
Anehnya kamu usaha ini dan itu. Namun “sukses” dan “gagal” kerap datang bergantian. Lantas kamu bertanya, siapa sih yang menentukan “sukses” atau “gagal” itu? Diri kamu atau siapa? Kalo kamu yang nentuin, pasti “sukses” akan terus-terusan datang, dan “gagal” tak akan pernah hinggap di diri kamu. Anehnya, sehebat-hebatnya rencana, sehebat apapun usaha, kadang “gagal” ada juga.

Nah, kamu mulai merenung... ada apa di balik semua? Jangan-jangan ada “Sesuatu”. Ada “Sesuatu” di balik diri kamu; ada “Sesuatu” dibalik yang kamu rencanakan”; ada “Sesuatu” di balik yang kamu usahakan; dan ada “Sesuatu” di balik yang kamu harapkan.
Kamu pikir, ini barangkali apa yang pernah kamu dengar sebagai “Faktor X”. Sebuah faktor yang sulit terdeteksi oleh otak biasa. Ia berada di atas ke-logis-an (supra-logis). Ia juga berada di atas semua perencana. Ia juga berada di atas penentu, sebab Ia lebih menentukan. Siapakah Dia?

Pasti Dia bukan sembarang. Dia lebih hebat dari diri kamu. Dia lebih Perkasa dari diri kamu. Dia juga lebih Pandai dari diri kamu. Bahkan lebih Berkehendak dan Penentu. Lagi-lagi kamu bertanya siapa Dia? Di mana kamu bisa menemukan identitas-Nya? Gimana agar kamu bisa “menemui-Nya”? Gimana pula agar apa yang kamu mau sama dengan yang Dia mau?

Kamu penasaran...lalu kamu cari jejak petunjuk. Untung kamu ketemu sama Guru Agama paforit kamu. Lalu kamu tanya ini dan itu. Guru Agama kamu pun menjawab ini dan itu. Hingga jelas, bahwa yang kamu cari itu adalah Allah.

Allah, Dialah Yang Maha Hebat; Dia Maha Berkehendak dan Penentu, serta Maha-Maha yang lainnya. Kamu juga dikasih tahu, kalo mau tahu identitas lengkap-Nya ada di Al-Quran yang merupakan firman-Nya dan As-Sunah yang merupakan penjelasnya. Sedangkan tanda-tanda kekuasaan-Nya ada di diri kamu.

Wah...kamu makin penasaran. Kamu jadi rajin belajar mendalami Quran dan Sunnah; Kamu juga jadi sering merenung, memikirkan ada tanda apa dalam diri. Lalu kamu terus berpikir, bagaimana kalau kamu mau berhubungan dengan Allah?

Ternyata, keinginan kamu bersahut, dengan ditemukan ayat yang menerangkan bahwa Allah itu dekat dan Allah mengabulkan doa apabila memohon kepada Allah (QS. Al-Baqarah: 186). Jadi, Allah itu dekat toh? Jika ingin berhubungan dengan Allah, bisa dilakukan dengan doa toh?

“Doa... yah doa...” guman kamu yang mulai dapat jalan. Tapi apa itu doa? Bagaimana doa bisa menghubungkan dengan Allah? Adakah kaitan antara doa dengan kesuksesan yang kamu inginkan? Bagaimana caranya berdoa? Apa saja doa yang bisa dipanjatkan untuk meraih kesuksesan? Apakah semua doa dapatt dikabulkan? Andai nanti doa terkabulkan, apa yang mesti kamu lakukan?

Berbagai pertanyaan kamu di atas, ternyata sama persis dengan perhatian penulis buku ini. Ia juga sama pernah merenung begitu. Bedanya, ia merenungnya, ya..jadi buku ini. Makanya, kalo kamu ngeluarin pertanyan seperti di atas, setidaknya ada jawaban dalam buku ini. So, pilihan kamu membacanya juga patut disambut dengan hangat oleh penulis buku ini. Sebab kamu telah datang menjumpai penulis, untuk berbincang tentang doa dan sama-sama belajar berdoa.

Akhirnya, bagi kamu-kamu yang membaca buku ini moga termotivasi untuk membangkitkan jiwa, mendekatkan rasa, mengutus ruhani untuk rajin menemui Allah dengan doa. Karena Allah dekat dan menanti doa-doa yang dipanjatkan kepada-Nya.

Apa pun yang kamu inginkan, termasuk ingin sukses, tak masalah. Berdoa dan berusahalah. Usaha tanpa doa, pincang adanya. Doa tanpa usaha, lemah dibuatnya. Doa dan usaha menyatu, menjadikan kekuatan, untuk menggapai semua harapan. Selamat Membaca, Berdoa dan berusaha. Semoga SUKSES. Selamat Membaca.

Judul : Doa-doa Sukses For Teens
Penulis : Aep Kusnawan
Penerbit : Dar Mizan, Bandung, 2007, harga 29.000
No. Kontak Penulis : (022) 7813252-081321235040 e-mail: aep_abufathya@yahoo.co,id


0 Comments:

Post a Comment