16 September 2009

Profil
Profil Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN SGD Bandung

Atas nama civitas akademika Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pertama-tama menyampaikan ucapan selamat kepada saudara yang akan, sedang atau telah menyelesaikan ujian akhir di SLTA. Bagi saudara yang hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, dengan Status Negeri dan biaya pendidikan terjangkau, saudara dapat menjatuhkan pilihan di Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

PENDIRIAN JUR. BPI
Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) berdiri tahun 1993. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 393 tahun 1993, yang diperkuat oleh Keputusan Menteri Agama Nomor 407 tahun 1993 tanggal 31 Desember 1993. Jurusan BPI ditetapkan sebagai salah satu jurusan di di Fakultas Dakwah (sekarang Fak Dakwah dan Komunikasi) IAIN (sekarang UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, yang dijelskan pada bagian Ketiga Pasal 76-77 KMA tersebut.
KE-KHAS-AN JUR. BPI
BPI di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, memiliki ciri khas yang berbeda dengan Bimbingan dan Konseling yang berkembang di Indonesia, yaitu Bimbingan dan Konseling (BK) pendidikan dan Bimbingan dan Konseling Psikologi. Sedangkan Jurusan BPI dikembangkan dengan ciri khas yang lebih mengarah kepada Counseling for All (Konseling untuk masyarakat luas) dalam bingkai Ilmu Dakwah dengan basis konseling agama. Sehingga Konseling Pendidikan dan Konseling Psikologi merupakan bagian integral dari wilayah kajian BPI sesuai dengan rumpun Ilmu Dakwah yang menjadi induknya.
TUJUAN JUR. BPI
Jurusan BPI siap mencetak tenaga-tenaga professional sebagai Pembimbing, Penyuluh, Konselor, dan Terapist agama/spiritual yang banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor, sesuai dengan trend perkembangan saat ini yang butuh sisi spiritual dalam berbagai aspek kehidupan. Karena itu keahlian Jurusan BPI, diorientasikan kepada: Keahlian teoritik dan Keahlian Praktik di bidang bimbingan, penyuluhan, konseling, dan psikoterapi Islam.
Tempat Pendaftaran:
Bag. Akademik Lt. III UIN SGD Bandung JL. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung 40614Tlp. (022) 7810788-Fax.7803936.
Website: http://www.uinsgd.ac.id

0 Comments:

Post a Comment